Home » , » Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

1. Makhluk Hidup Memerlukan Makanan
Tahukah kamu mengapa makhluk hidup harus makan? Semua makhluk hi dup me merlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Ikan memerlukan makanan sebagai sumber tenaga. Jika ikan tidak diberi makan, tubuhnya akan menjadi lemas. Jika dibiarkan terus menerus, ikan akan mati. Manusia memakan makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Hewan memakan makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan lainnya. Bagaimana dengan tumbuhan?Tumbuhan juga membutuhkan makanan untuk hidup. Akan tetapi, tumbuhan dapat membuat sendiri makanannya. Tumbuhan membuat makan an nya di dalam daun.

2.  Makhluk Hidup Bernapas
 Pernahkah kamu menahan napas selama 10 detik? Apa yang kamu rasakan? Saat kamu menahan napas dadamu akan terasa sesak. semua makhluk hidup bernapas. Apakah bernapas itu? Ingin tahu jawabannya?
Bernapas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Oksigen diperlukan tubuh dalam proses pem bakaran zat makanan. Pem bakaran zat makanan menghasilkan energi (tenaga). energi digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan.
Contohnya bermain bola.


3.  Makhluk Hidup Bergerak
Pernahkah kamu memerhatikan seekor kucing? Apakah kucing itu selalu diam atau bergerak?
Kucing terma suk makhluk hidup. Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Kucing bergerak dengan berjalan, berlari, dan melompat. Bagaimana dengan tum buhan? Bagaimana cara tumbuhan bergerak?
Seperti manusia dan hewan, tumbuhan juga bergerak. Akan tetapi, gerakan tumbuhan tidak seperti manusia dan hewan. Ada tumbuhan yang bergerak mengarah ke sumber cahaya.
Bagian tumbuhan yang bergerak, misalnya daun putri malu. Daunnya menunduk pada malam
hari dan tegak pada siang hari.

4. Makhluk Hidup Tumbuh
Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Hewan dan tumbuhan mengalami pertumbuhan.

Pertumbuhan berarti ada perubahan dari kecil dan menjadi besar. Anak kucing yang sebelumnya kecil menjadi besar setelah beberapa bulan. Biji kacang merah yang asalnya tidak berdaun menjadi berdaun. Pertumbuhan berarti bertambah berat, bertambah tinggi, bertambah banyak, dan bertambah besar.

5.  Makhluk Hidup Berkembang Biak
 Pernahkah kamu melihat zarafah? Tahukah kamu bagai mana zarafah berkembang biak? Zarafah berkembang biak dengan cara melahirkan. Tahukah kamu apakah berkembang biak itu?
Berkembang biak artinya memiliki keturunan. Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang ber telur, beranak, berbiji, dan bertunas.

6.  Makhluk Hidup Menerima dan Menanggapi Rangsang
Pernahkah kamu ter kejut ketika dikagetkan temanmu?  Rasa  kaget  merupakan  bukti  bahwa
makhluk hidup tang gap ter hadap rangsangan. Hewan dan tumbuhan juga menerima dan menanggapi rang sang an seperti manusia.

Nah, setelah dijelaskan pada uraian sebelumnya, kamu tentu tahu perbedaan antara
makhluk hidup dan benda mati. Itulah ciri-ciri makhluk hidup yang bisa saya sampaikan.

1 comments:

  1. oh begitu toh, ciri mahkluk hidup :) thanks


    http://www.bloggermax.com

    ReplyDelete